Mengontrol Beban Besar Pada Mikrokontroler


Jika menggunakan mikrokontroler I/O dapat dioprasikan secara default maksimum pada arus 20mA…nach jika beban yang kita kontrol lebih dari arus nominal terserbut..maka kita membutuhkan suatu interface (penghubung) antara mikro dengan beban yang kita kontrol…interface tersebut yang biasa digunakan ialah menggunakan rellay, seloenoid, transistor…dll

Nach q pengen share bagaimana bila membuat interface tersebut menggunakan transistor…

Yups rangkaian diatas ialah untai transistor darlington…untuk cara perhitungan nilai resistornya q dah gak tahu…dah lupa…dulu juga gak bisa,hehe…nach kalo diode digunakan untuk pengaman transistor dari arus balik beban…

Nach kalo pusing n ribet ngerancang pake transistor…hmm da cara hema n practice…pake aja IC…

IC ULN2803 merupakan IC yang didalamnya terdapat 8 buah susunan transistor darlington…

Berikut ini dalemannya dari ULN2803 Octal Darlington Driver

nach ni dia pin description-nya dari datasheet IC ULN2803 ato donload ja di www.alldatahseet.com

\\====================================================

bacaan terkait di blog ini:

1. transistor-sebagai-saklar klik disini

2 responses to this post.

  1. gambare bisa diperjelas ga?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: