Dekoder 74LS47 untuk seven segment


Dekoder driver 74LS47 merupakan IC TTL yang mempunyai input 4 bit yaitu A, B, C, dan D serta 3 input ekstra RBI, RBO, LT. Ketiga input ekstra tersebut diaktifkan oleh suatu level rendah. Bilangan BCD tersebut dikodekan sehingga membentuk kode seven segmen yang akan menyalakan ruas-ruas yang sesuai pada peraga LED di dalamnya.

Gambar IC Dekoder 74LS47

Input lamp test (LT) akan menyalakan setiap segmen untuk melihat apakah segmen-segmen tersebut beroperasi. Selanjutnya Ripple Blanking Input RBI akan mematikan semua segmen bila rangkaian diaktifkan. Berikut ini adalah bentuk tampilan yang bisa ditampilkan oleh display seven segmen :

Gambar Bentuk Tampilan 7 segmen

Dari gambar diatas bisa diketahui bahwa hanya sebagian kecil saja dari karakter yang dapat ditampilkan oleh display 7 segmen. Cara mendapatkan bentuk tampilan seperti pada gambar diatas diketahui dari table kebenaran dekoder 74LS47 berikut :

Table Table Kebenaran dari Dekoder 74LS47

Aplikasi decoder 74LS47 pada seven segmet:

\\==================================================================

bacaan terkait di blog ini:

1. aplikasi-seven-segmen-dengan-mikrokontroller-atmega8535 klik disini

10 responses to this post.

  1. Posted by awan on Desember 14, 2010 at 11:50 pm

    mana nie download aplikasi seven segment ma programnya sekalian….. kirim email ya…..di tunggu….

    Balas

  2. mas,..mw tanya
    ituh buat anoda khan
    mau tanya mas,.. low buat common katoda tu 74ls48 khan?apa sama dengan decoder 742ls47?
    kmrn saya dapet rangkain dari tmn saya agag bgg masalah itu,..
    makasihh yaa

    Balas

  3. mas,mw tanya…gmn program tampilan seven segment nya merupakan hasil kiriman dari sensor LM35?balas ya…trims…wiien.

    Balas

  4. Posted by citra on Mei 18, 2012 at 8:35 am

    mas klo mau menggunakan adc terus saya mau Tmpilkan pada seven segment gmn carany?

    Balas

  5. Posted by yuriz on Juli 5, 2012 at 5:30 am

    mas klo untuk common katoda ic berapa yang d pke ??? trus klo anoda ic berp???
    mohon penjelasannya

    Balas

  6. mas,, saya ud buat rangkaian timer,, dia gunain ic4511,,
    itu cara buat program di bascom avrnya gmana ya mas

    Balas

  7. Assalamualaikum,
    Selamat siang mas Fahmi,
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
    1. Dalam blog mas, saya menemukan konfigurasi pin penampil seven segment 1 digit.Sedangkan TA saya menggunakan penampil seven segment 6 digit common anode. Bagaimanakan konfigurasinya pin atau kakinya ?
    2. Saya sebenarnya sudah mencoba untuk menggunakan shift register 4094 sebagai driver penampil seven segment 6 digit common anode. Dimana 1 driver akan terhubung langsung dengan 1 seven segment. Namun saya menemui kesulitan saat wiring dalam pembuatan board PCBnya. Karena keenam seven segment harus saling berimpit rapat. Sedangkan jalur yang harus dihubungkan ke driver cukup banyak. Apakah anda memiliki rekomendasi rangakaian driver yang lebih sederhana?
    Sekian dari saya. Mohon penjelasan dan bantuannya mas Fahmi.
    Salam,
    Argo Satrio Wicaksono

    Balas

  8. Posted by Jonathan on Maret 23, 2018 at 7:46 am

    Mau tanya mas yg simbol X pada Tabelnya itu pengertiannya apa?

    Balas

Tinggalkan komentar