Sensor UVTron Flame Detector


Sensor UVTron Flame Detector  memberikan sinyal aktif apabila mendeteksi adannya sinyal ultraviolet. UVTron dapat menemukan nyala api dalam jarak 5 meter dari sumber dan alat ini beroprasi dalam jangkauan spektruml 185 sampai dengan 160 nm. Alat ini terdiri dari 2 paket yaitu:

1.         Hamamatsu R2868 Flame (UV) Sensor

2.         UVTron C3704 Rangkaian driver

UVTron adalah suatu device yang sangat sederhana. Ketika katoda diarahkan pada sinar ultraviolet, photoelektron dipancarkan dari katode secara efek photoelectric dan kemudian dipercepat ke arah anoda dengan medan elektrik.  Ketika tegangan yang diterapkan menjadi lebih tinggi dan medan elektrik bertambah kuat, energi kinetik dari elektron menjadi cukup besar untuk mengionisasikan molekul-molekul gas yang terdapat pada tabung dengan cara dibenturkan.

Elektron-elektron yang dihasilkan dari ionisasi dipercepat, sehingga memungkinkannya untuk mengionisasi molekul-molekul lain sebelum mencapai anoda. Pada sisi lain, ion positive dipercepat ke arah katode dan menabrak sehingga membangkitkan elektron-elektron kedua. Proses ini menyebabkan arus yang besar antara elektroda-elektroda dan saat proses pelepasan berlangsung. Pelepasan yang pertama terjadi, tabung terisi dengan electron-elektron dan ion-ion. Tegangan turun atau jatuh antara katoda dan anoda dengan cepat. Status ini akan terjadi tanpa menurunkan tegangan anode sampai di bawah titik jenuh.

Rangkaian pengarah menciptakan perbedaan tegangan yang diperlukan pada tabung untuk mengijinkan proses peluruhan ketika terkena sinar ultraviolet. Kemudian rangkaian mengamati arus keluaran dari tabung dan ketika proses peluruhan terjadi, tegangan pada anode dikurangi oleh rangkaian untuk mengijinkan bola lampu mengulang lagi atau mereset. Tiap waktu proses peluruhan dan pelepasan terjadi, sinyal dibangkitkan dengan sirkuit atau rangkaian dengan beberapa pengaruh untuk latar belakang. Gambar berikut menunjukkan jangkauan sensor pada posisi tidur.

Gambar jangkauan sensor pada posisi tidur

Posisi dari tabung Uvtron mempengaruhi jarak dari jangkauan pendeteksian sinar. Dengan posisi berdiri jangkauan lebih jauh tetapi jangkauan luasan daerah lebih sempit hal ini berkebalikan dengan posisi tidur sehingga posisi dari tabung harus disesuaikan dengan kebutuhan. Gambar berikut menunjukkan jangkauan sensor posisi berdiri.

Gambar jangkauan sensor pada posisi berdiri

6 responses to this post.

  1. Posted by mateos on Mei 4, 2011 at 12:39 pm

    Pak,, kalo mau minta petunjuk mengoperasikan sensor uvtron dengan uC AT89S52 gimana rangkaiannya,, trus kalo boleh saya minta contoh programnya dalam bahasa assembly/C….thnk’s!!!

    Balas

  2. Posted by uciha abe on Mei 21, 2011 at 9:39 am

    mas bisa ajarin code bascom untuk DT-sense flame detector gak?
    sy masih bingung tentang i2c’a

    Balas

  3. Posted by agus on Agustus 24, 2011 at 10:52 pm

    Mas dimana saya harus beli, posisi daerah bandung.. harganya berapa 1 paket?

    Balas

  4. Posted by Faisal on April 22, 2014 at 7:14 pm

    bang gmna program sensor Uvtron dengan bascom ? bisa bantu gk ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: